Chinese (Simplified) ZH-CN English EN Indonesian ID

HYDROKALVABIO

Artikel

IPAL Limbah Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, Laboratorium Kimia, Farmasi

28/06/2022

IPAL Limbah Rumah Sakit, Farmasi, Puskesmas, Klinik, Laboratorium Kimia Medis, Cuci Tangan Medis, merupakan Limbah Medis. Adapun Limbah medis adalah hasil buangan dari suatu aktivitas medis.[1] Limbah medis harus sesegera mungkin diolah setelah dihasilkan dan penyimpanan menjadi pilihan terakhir jika limbah tidak dapat langsung diolah.[1] Faktor penting dalam penyimpanan limbah medis adalah melengkapi tempat penyimpanan dengan penutup, menjaga areal penyimpanan limbah medis tidak tercampur dengan limbah non-medis, membatasi akses lokasi, dan pemilihan tempat yang tepat.

Berdasarkan peraturan Departemen Kesehatan RI pada tahun 2002, limbah medis dikelompokan berdasarkan kategori potensi bahaya yang terkandung di dalamnya serta volume dan sifat persistensinya yang dapat menimbulkan berbagai masalah.[2] Kategori tersebut adalah:[2]

  • Limbah benda tajam seperti jarum suntik, perlengkapan intravena, pipet Pasteur, pecahan gelas, dan lain-lain.
  • Limbah infeksius. Limbah infeksius adalah limbah yang berkaitan dengan pasien yang memerlukan isolasi penyakit menular (perawatan intensif) dan limbah laboratorium. Limbah ini dapat menjadi sumber penyebaran penyakit pada petugas, pasien, pengunjung, maupun masyarakat sekitar. Oleh karena itu, limbah ini memerlukan wadah atau kontainer khusus dalam pengolahannya.
  • Limbah patologi. Limbah ini merupakan limbah jaringan tubuh yang terbuang dari proses bedah atau autopsi.
  • Limbah sitotoksik, yaitu bahan yang terkontaminasi selama peracikan, pengangkutan, atau tindakan terapi sitotoksik.
  • Limbah farmasi, yang merupakan limbah yang berasal dari obat-obatan yang kedaluwarsa, obat-obat yang terbuang karena tidak memenuhi spesifikasi atau kemasan yang terkontaminasi, obat-obat yang dibuang pasien atau oleh masyarakat, obat-obatan yang tidak diperlukan lagi oleh institusi bersangkutan, dan limbah yang dihasilkan selama produksi obat-obatan.
  • Limbah kimia yang dihasilkan dari penggunaan kimia dalam tindakan medis, laboratorium, proses sterilisasi dan riset.
  • Limbah radioaktif, yaitu limbah yang terkontaminasi dengan radioisotop yang berasal dari penggunaan medis atau riset radionukleotida.

IPAL Rumah Sakit Medina berlokasi di Garut Jawa Barat, menggunakan HYDROKALVABIO dengan kapasitas 20 meter kubik per hari. Air limbah medis dari rumah sakit dan puskesmas merupakan salah satu sumber pencemaran lingkungan yang sangat potensial. Sehingga diperlukan Instalasi Pengolahan Air Limbah Medis (IPAL Medis) sebelum dibuang ke saluran umum. Namun, masalah yang sering terjadi dalam hal pengelolaan limbah medis adalah keterbatasan dana yang ada untuk membangun fasilitas pengolahan limbah serta operasinya, terutama pada rumah sakit tipe kecil dan menengah. Maka, diperlukan teknologi pengolahan air limbah rumah sakit dan puskesmas yang murah, mudah operasinya serta harganya terjangkau, tetapi mendapatkan hasil yang optimal.

IPAL Limbah Medis Rumah Sakit, Farmasi, Puskesmas, Klinik, Laboratorium Kimia, Cuci Tangan Medis

Jasa Kontraktor IPAL Medis

Jasa Instalasi Pengolahan Air Limbah Medis dengan Sistem Biofilter Anaerob-Aerob HYDROKALVABIO. Kami menawarkan harga paket Advanced STP Packages, yaitu Sistem Standar Desain IPAL Rumah SakitIPAL Puskesmas, IPAL Laboratorium, Klinik dan Cuci Tangan Medis yang sangat produktif (efektif dan efisien) untuk mengatasi permasalahan pengolahan air limbah medis pada rumah sakit dan puskesmas.

Keuntungan menggunakan Advance STP Packages HYDROKALVABIO :

  1. Cepat dalam pengadaan dan pemasangan (package system).
  2. Mudah untuk operasional dan perawatan (Biofilter-MBBR-Biobox).
  3. Handal dalam performa (kualitas hasil olahan) (Biofilter-MBBR-Biobox).
  4. Ekonomis, sedikit sludge dan bebas bau (MBG, Biofilter-MBBR).
  5. Capex & Opex, Footprint-visible.

Hubungi Kami :

Website : https://hydrokalvabio.com
WA : 0811 900 964

cs hydrokalvabio nadia baru
PT. SOLUSI LIMBAH CAIR
Ruko Mahkota Ancol Blok B No. 5
Pademangan, Jakarta Utara
Telp. : (021) 6470 0034
HP/WA : 0811 9009 64
Email : [email protected]
Kawasan Industri
Jl. Jembatan Hitam No. 12
Cijujung, Sukaraja, Bogor
Jawa Barat 16710
Telp. : (0251) 865 2004
©2008 - 2021 | Hydrokalvabio. All rights reserved.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram